EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MA’ARIF 1 WATES

Inggrid, Dwi Astuti (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Inggrid Dwi Astuti 10518241029.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MA’ARIF 1 WATES Oleh: Inggrid Dwi Astuti NIM : 10518241029 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran jaringan dasar dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar pada aspek psikomotorik penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi- Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Ma’arif 1 Wates sebanyak 53 siswa dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional, efektivitas tersebut dapat dilihat pada skor gain kelas eksperimen sebesar 0,80 termasuk dalam kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol memiliki skor gain sebesar 0,64 termasuk dalam kategori sedang, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada aspek psikomotorik siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional. Kata kunci: kognitif siswa, model pembelajaran, Problem Based Learning, psikomotor siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Feb 2016 07:54
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29605

Actions (login required)

View Item View Item