PENGARUH KREATIVITAS, KEPRIBADIAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KUALITAS TUGAS PRAKTIK SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK DI KULON PROGO

Indri, Purwitasary (2016) PENGARUH KREATIVITAS, KEPRIBADIAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KUALITAS TUGAS PRAKTIK SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK DI KULON PROGO. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Indri Perwityasary 09518241015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KREATIVITAS, KEPRIBADIAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KUALITAS TUGAS PRAKTIK SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK DI KULON PROGO Oleh: Indri Purwitasary NIM. 09518241015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kreativitas, kepribadian,kemandirian belajar dan kualitas tugas praktik siswa Program Keahlian Elektronika Industri Sekolah Menegah Kejuruan di Kulon Progo, (2) pengaruh kreativitas dan kepribadian secara parsial terhadap kemandirian belajar, (3) pengaruh kreativitas dan kepribadian secara simultan terhadap kemandirian belajar, (4) kreativitas, kepribadian dan kemandirian belajar secara parsial terhadap kualitas tugas praktik siswa, (5) kreativitas, kepribadian dan kemandirian belajar secara simultan terhadap kualitas tugas praktik siswa, (6) pengaruh tidak langsung kreativitas terhadap kualitas tugas praktik siswa melalui kemandirian belajar dan (7) pengaruh tidak langsung kepribadian terhadap kualitas tugas praktik siswa melalui kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian ini seluruh siswa Program Keahlian Elektronika Industri di Kulon Progo dengan sampel berjumlah 67 siswa yang diperoleh melalui teknik sampel jenuh. Teknik Pengumpulan data untuk variabel kreativitas, kepribadian dan kemandirian belajar menggunakan angket tertutup, sedangkan variabel kualitas tugas praktik menggunakan lembar penilaian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel, analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kreativitas sebagian siswa (55,22%) termasuk kategori cukup, kepribadian sebagian siswa (58,21%) termasuk kategori cukup, kemandirian belajar sebagian kecil siswa (47,76%) termasuk kategori cukup dan kualitas tugas praktik siswa sebagian kecil siswa (43,28%) termasuk kategori cukup, (2) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas dan kepribadian secara parsial terhadap kemandirian belajar sebesar 38% dan 9,8%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas dan kepribadian secara simultan terhadap kemandirian belajar sebesar 77%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas, kepribadian dan kemandirian belajar secara parsial terhadap kualitas tugas praktik sebesar 9,9%, 10,5% dan 15,1%, (5) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas, kepribadian dan kemandirian belajar secara simultan terhadap kualitas tugas praktik sebesar 90,9%, (6) terdapat pengaruh tidak langsung kreativitas terhadap kualitas tugas praktik melalui kemandirian belajar dengan koefisien jalur sebesar 0,260 dan (7) terdapat pengaruh tidak langsung kepribadian terhadap kualitas tugas praktik melalui kemandirian belajar dengan koefisien jalur sebesar 0,122. Kata kunci: kreativitas, kepribadian, kemandirian belajar, kualitas tugas praktik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Feb 2016 20:13
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29595

Actions (login required)

View Item View Item