IMPLEMENTASI ENGLISH TIME DI JOGJA GREEN SCHOOL

Pratiwi, Dewi Zuricha (2016) IMPLEMENTASI ENGLISH TIME DI JOGJA GREEN SCHOOL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dewi Zuricha Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan English Time di Jogja Green School. Fokus penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek utama penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar Jogja Green School. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup data condensation, data display, dan conclusion drawing/ verifying. Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kegiatan English Time telah sesuai dengan tujuan umum Kurikulum 2013 serta visi sekolah, (2) penyusunan DLP sudah sesuai dengan standar proses penyusunan RPP Kurikulum 2013, (3) English Time dirancang sedemikian rupa melalui variasi kegiatan berdasarkan karakteristik siswa sekolah dasar, (4) bilingualism merupakan pedoman yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di Jogja Green School. Pelaksanaan kegiatan English Time mencakup (1) pengajaran grammar, vocabulary, dan pronounciation dilakukan secara terpadu, (2) banyak dilakukan kegiatan Listening dan Speaking sesuai tujuan utama yaitu untuk membiasakan anak berbicara dengan bahasa Inggris, (3) variasi kegiatan selalu dilakukan to make English fun, (4) kegitaan English Time dilaksanakan dalam konteks pembelajaran bermakna, (5) kegiatan Reading dan Writing belum menjadi prioritas terutama di level rendah, (6) kegiatan pembelajaran tidak selalu dilaksanakan melalui urutan kegiatan pendahuluan, isi dan penutup. Penilaian pembelajaran di Jogja Green School mencakup (1) semua kegiatan pembelajaran dinilai dalam bentuk deskripsi yang dilaporkan dalan News Letter, (2) penilaian pembelajaran bahasa Inggris tidak dilakukan secara spesifik namun masuk dalam penilaian pembelajaran secara keseluruhan, (3) selama proses kegiatan English Time guru lebih sering memberikan compliment terhadap pencapaian yang dilakukan oleh siswa, pada tingkat yang lebih tinggi penilaian dilakukan dengan penilaian proses. Kata kunci: English Time, pembelajaran bahasa Inggris, Jogja Green School

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Feb 2016 19:08
Last Modified: 30 Jan 2019 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29586

Actions (login required)

View Item View Item