PENGARUH PELATIHAN PENULISAN TERHADAP PENGETAHUAN MENULIS DAN KUALITAS KARYA ILMIAH KETEKNIKAN SISWA DI SMK PENERBANGAN AAG YOGYAKARTA

Ikhwan, Taufik (2016) PENGARUH PELATIHAN PENULISAN TERHADAP PENGETAHUAN MENULIS DAN KUALITAS KARYA ILMIAH KETEKNIKAN SISWA DI SMK PENERBANGAN AAG YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
IKHWAN TAUFIK 09518244028.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PELATIHAN PENULISAN TERHADAP PENGETAHUAN MENULIS DAN KUALITAS KARYA ILMIAH KETEKNIKAN SISWA DI SMK PENERBANGAN AAG YOGYAKARTA Oleh: Ikhwan Taufik 09518244028 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan penulisan siswa di SMK Penerbangan AAG Yogyakarta antara sebelum mendapat pelatihan penulisan dan setelah mendapat pelatihan penulisan dan mengetahui kualitas karya ilmiah keteknikan siswa di SMK Penerbangan AAG Yogyakarta setelah mendapat pelatihan penulisan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Eksperimental Design. Bentuk Pre-Eksperimental Design yang hendak diterapkan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini siswa SMK Penerbangan AAG Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler mading (jurnalistik) sejumlah 15 siswa. Mereka ditetapkan sebagai subjek dalam penelitian ini dengan pertimbangan bahwa ekstrakurikuler mading (jurnalistik) mempunyai hubungan cukup dekat dengan bidang kajian di dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Analisis Isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan penulisan siswa di SMK Penerbangan AAG Yogyakarta antara sebelum mendapat pelatihan penulisan dan setelah mendapat pelatihan penulisan. Dengan menggunakan uji Wilcoxon, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,001. Nilai tersebut jelas lebih kecil dari taraf nyata (α = 0,05). Karena Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan antara ratarata nilai pretest dan posttest. Dengan kata lain, pengetahuan penulisan siswa di SMK Penerbangan AAG Yogyakarta antara setelah mendapat pelatihan penulisan menjadi lebih tinggi daripada sebelum mendapat pelatihan. Kualitas karya ilmiah keteknikan siswa di SMK Penerbangan AAG Yogyakarta setelah mendapat pelatihan penulisan belum bisa dikategorikan baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kekurangan yang terdapat pada karya ilmiah tersebut. Kekurangan yang banyak ditemukan sebagai tolok ukur karya tersebut antara lain: (1) Kandungan materi keteknikan, (2) Kesalahan mengenai keefektifan kalimat, (3) Kesalahan mengenai teknis ejaan, dan (4) Pemuatan di media massa. Total karya siswa yang dimuat di media massa hanya empat karya. Kata kunci: pelatihan penulisan, pengetahuan, dan karya ilmiah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Feb 2016 20:25
Last Modified: 30 Jan 2019 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item