Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana

Bestari, Afif ghurub (2015) Pengaruh Penggunaan Media Mood Board Terhadap Pengetahuan Desain Busana Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-afif-ghurub-bestari.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh pembelajaran Desain Busana dengan menggunakan media mood board dan pembelajaran menggunakan media contoh gambar desain busana terhadap kreativitas dan hasil belajar Desain Busana mahasiswa; (2) pengaruh positif atau lebih baik pembelajaran Desain Busana dengan menggunakan media mood board dibandingkan pembelajaran menggunakan media contoh gambar desain busana terhadap kreativitas desain busana mahasiswa; (3) pengaruh positif atau lebih baik pembelajaran Desain Busana dengan menggunakan media mood board dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media contoh gambar Desain Busana terhadap hasil belajar Desain Busana mahasiswa di Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah mahasiswa kelas A dan D semester 2 di Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kreativitas dan tes hasil belajar (kognitif) mahasiswa kelas A dan D. Teknik analisis data meliputi: (1) statistik deskriptif, dan (2) statistik inferensial dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan media mood board dengan media contoh gambar desain busana terhadap kreativitas dan hasil belajar Desain Busana mahasiswa Pendidikan Teknik Busana FT UNY. Hasil t-test memperlihatkan bahwa rata-rata hasil belajar pretest mahasiswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata kuliah Desain Busana hampir sama dengan selisih rata-rata berkategori rendah yakni sebesar 1,17. Sedangkan data hasil belajar mahasiswa posttest membuktikan bahwa kedua kelas ini mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar, kelas kontrol dengan rata-rata 73,00 dan kelas eksperimen dengan rata-rata 79,44 hal ini menunjukkan kelas kontrol berada pada kategori yang tinggi, sedangkan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen mengalami peningkatan kategori yang signifikan dengan kategori yang sangat tinggi. Data hasil belajar posttest menunjukkan selisih skor rata-rata hasil belajar antara mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berkategori sangat tinggi yakni sebesar 6,44. Pada aspek kreativitas, berdasar hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan rata-rata hasil pretest yaitu 62,98 dan untuk rata-rata kreativitas mahasiswa setelah diberi perlakuan (posttest) yaitu 76,62. Berdasarkan hasil nilai rata-rata diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil kreativitas mahasiswa yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS)
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Feb 2016 00:12
Last Modified: 08 May 2019 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29539

Actions (login required)

View Item View Item