PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KARAKTER SISWA SMK N 1 MEMPAWAH TIMUR KALIMANTAN BARAT

Herry, Wiratno (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KARAKTER SISWA SMK N 1 MEMPAWAH TIMUR KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
HERRY WIRATNO 09518241011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENDIDIKAN KARAKTER, DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KARAKTER SISWA SMK N 1 MEMPAWAH TIMUR KALIMANTAN BARAT Oleh : Herry Wiratno NIM. 09518241011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakter siswa, (2) pengaruh pendidikan karakter terhadap karakter siswa, (3) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap karakter siswa, dan (4) pengaruh lingkungan keluarga, pendidikan karakter, interaksi teman sebaya secara simultan terhadap karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian sekaligus digunakan sebagai sampel penelitian (sampel jenuh) yaitu siswa kelas XI SMK N 1 Mempawah Timur Kalimantan Barat dengan sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data variabel lingkungan keluarga, pendidikan karakter, interaksi teman sebaya, dan karakter siswa menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) lingkungan keluarga sebagian kecil siswa (51,56%) termasuk dalam kategori cukup, pendidikan karakter siswa (39,06%) termasuk kategori kurang, interaksi teman sebaya (34,38%) termasuk kategori cukup, karakter siswa (42,19%) termasuk kategori kurang, (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap karakter siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,264, (3) terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan karakter terhadap karakter siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,382, (4) terdapat pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap karakter siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,57 dan (5) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga, pendidikan karakter, dan interaksi teman secara simultan terhadap karakter siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,58. Kata Kunci : lingkungan keluarga, pendidikan karakter, interaksi teman sebaya dan karakter siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Feb 2016 19:05
Last Modified: 30 Jan 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29465

Actions (login required)

View Item View Item