KESIAPAN GURU MATA DIKLAT PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI)

Herdani, Yulian (2016) KESIAPAN GURU MATA DIKLAT PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Herdani Yulian - 07518241012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KESIAPAN GURU MATA DIKLAT PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MENUJU SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) Oleh Herdani Yulian NIM. 07518241012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru mata diklat produktif Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok menuju Sekolah Bertaraf Internasional ditinjau dari (1) aspek latar belakang pendidikan, (2) aspek intensitas pendidikan/pelatihan bahasa Inggris, (3) aspek penguasaan komputer (menurut persepsi guru), (4) aspek kompetensi mengelola PBM, serta (5) mengetahui hubungan antara intensitas pendidikan/pelatihan bahasa Inggris dengan penguasaan komputer oleh guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Subyek penelitian adalah guru mata diklat produktif berjumlah 10 orang dan siswa kelas XII berjumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket. Bukti validitas instrumen dilakukan dengan Judgement Experts dan secara empiris menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Bukti reliabilitas dihitung menggunakan software SPSS versi 17 dengan taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dan teknik statistik parametris dengan teknik pengujian Pearson Correlation serta uji regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan guru mata diklat produktif Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok menuju Sekolah Bertaraf Internasional ditinjau dari: (1) aspek latar belakang pendidikan dikategorikan siap dengan persentase pencapaian sebesar 69,38%, (2) aspek intensitas pendidikan/pelatihan bahasa Inggris dikategorikan kurang siap dengan persentase pencapaian sebesar 43,61%, (3) aspek penguasaan komputer (menurut persepsi guru) dikategorikan siap dengan persentase 69,69%, (4) aspek kompetensi mengelola PBM dengan responden guru dikategorikan sangat siap dengan persentase pencapaian sebesar 87,87%, (5) aspek kompetensi mengelola PBM dengan responden siswa dikategorikan siap dengan persentase pencapaian sebesar 72,53%, (6) terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas pendidikan/pelatihan bahasa Inggris dengan penguasaan komputer oleh guru, (7) Intensitas pendidikan/pelatihan bahasa Inggris dapat memprediksi penguasaan komputer (menurut persepsi guru) sebesar 40,5%. Sedangkan sisanya 59,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Kesiapan, Guru, SBI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Jan 2016 20:21
Last Modified: 30 Jan 2019 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29436

Actions (login required)

View Item View Item