PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS OUTBOUND GUNA PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA II

Saputri, Dyah Fitriana (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS OUTBOUND GUNA PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis outbound yang layak untuk pembelajaran guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian motivasi berprestasi. (2) mengetahui kategori peningkatan penguasaan materi fisika peserta didik MAN Yogyakarta II yang mengikuti pembelajaran fisika berbasisoutbound. (3) mengetahui kategori capaian motivasi berprestasi peserta didikMAN Yogyakarta II yang mengikuti pembelajaran fisika berbasisoutbound. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MAN Yogyakarta II kelas X MIPA 2 tahun pelajaran 2015/2016. Pada tahap Define, merencanakan perangkat pembelajaran gerak melingkar dengan kegiatan outbound untuk peningkatan penguasaan materi gerak melingkar, capaian motivasi berprestasi.Tahap Design, merancang produk perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD. Tahap Develop, Validasi produk oleh validator ahli dan praktisi. Tahap Desiminate, penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Data penelitian ini diperoleh melalui penilaian dan saran perbaikan perangkat pembelajaran dari validator. Data penelitian dijaring melalui angket, pretest dan posttest, dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Telah dihasilkan perangkat pembelajaran berbasis outboundpadamateri gerak melingkar yang layak digunakan untuk pembelajaran di MAN Yogyakarta II.Hal tersebutberdasarkanhasilvalidasioleh validator ahli dan validator praktisi, bahwa rerata nilai validasi RPP dan LKPD berbasis outbound dari seluruh aspek dalam kategori baik. Peningkatan penguasaan materi peserta didik yang mencapai kategori tinggi, sedang, dan rendah secara berturut-turut adalah 16%, 52%, dan 32%. Berdasarkan nilai standar gain secara keseluruhan sebesar 0,59, maka peningkatan penguasaan materi peserta didik berada pada kategori sedang. Capaian pada aspek motivasi berprestasi dengan criteria sangat baik, baik, dan cukup baik secara berturut-turut adalah24%, 56%, dan 20%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran berbasis outbound, penguasaan materi, motivasi berprestasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 03 Feb 2016 18:06
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29418

Actions (login required)

View Item View Item