PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMK N 3 YOGYAKARTA

Helna, Satriawati (2016) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Helna Satriawati - 10518241039.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KELAS X SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh: Helna Satriawati 10518241039 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan dan menguji kelayakan E-modul Interaktif sebagai sumber belajar Elektronika Dasar kelas X di SMKN 3 Yogyakarta, dan (2) mengetahui unjuk kerja E-modul Interaktif sebagai sumber belajar Elektronika Dasar kelas X di SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua model pengembangan yaitu pengembangan pembelajaran ASSURE dan pengembangan The Instructional Multimedia Development Model ( The IMM Development Model). Model pengembangan pembelajaran ASSURE meliputi: Analyze Learner; State objectives; Select instructional methods, media and materials; Utilize media and materials; Require learner practicipation; evaluate and revise. Model pengembangan The IMM Development Model yaitu: Analyze, Design, Develop, Evaluate, Implement. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert empat jawaban. Validitas angket berupa validitas logis, untuk angket ahli materi memiliki reliabilitas sebesar 0,88 (sangat reliabel), ahli media sebesar 0,80 (reliabel), dan reliabilitas untuk siswa sebesar 0,91 (sangat reliabel). Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) kelayakan E-modul Interaktif ditinjau dari media termasuk kategori sangat layak dengan skor rerata 67,00 dari skor maksimal 80,00 dengan distribusi frekuensi layak dan sangat layak masing-masing sebesar 50%., komponen materi termasuk kategori sangat layak dengan nilai rerata 150,5 dari skor maksimal 160,00 dengan persentase sangat layak 100%, Proses pembelajaran termasuk kategori layak dengan skor rerata 88,12 dari skor maksimal 120,00 dengan persebaran distribusi frekuensi 7,69%, mengatakan Cukup Layak, 76,92% Layak, dan 15,38% Sangat Layak, (2) Unjuk kerja E-modul interaktif ditinjau dari aspek tampilan / layout termasuk kategori layak dengan rerata skor 23,35 dari skor maksimal 32,00,. Rincian dari kelayakan tersebut adalah 11 siswa (36,67%) mengatakan sangat layak, 19 siswa (63,33%) mengatakakan layak, pengoperasian termasuk kategori layak dengan rerata skor 25,62 dari skor maksimal 36,00. Rincian dari kelayakan tersebut adalah 4 siswa (13,33%) mengatakan sangat layak, 19 siswa (63,33%) mengatakakan layak, 7 siswa ( 23,33%) mengatakan cukup layak. Pewarnaan termasuk kategori layak dengan rerata skor 8,27 dari skor maksimal 12,00. Rincian dari kelayakan tersebut adalah 3 siswa (10,00%) mengatakan sangat layak, 26 siswa (86,63%) mengatakakan layak, 1 siswa ( 3,33%) mengatakan cukup layak. Kata kunci: ASSURE, The IMM Development Model, Pengembangan E-modul interaktif, sumber belajar, elektronika dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Jan 2016 18:34
Last Modified: 30 Jan 2019 06:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29404

Actions (login required)

View Item View Item