PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA MENULIS DI KELAS III B SD NEGERI GIWANGAN

Inayah, Arih Afra (2016) PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA MENULIS DI KELAS III B SD NEGERI GIWANGAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Arih Afra Inayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan berbahasa berupa keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan yang penting dimiliki oleh seorang anak. Oleh sebab itu membaca dan menulis merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah dasar dengan tujuan agar siswa dapat mengerti maksud yang terkadung dalam bacaan sehingga dapat memahami isi bacaan dengan baik dan benar. Tanpa memiliki keterampilan membaca dan menulis, seorang anak akan mengalami kesulitan belajar di kemudian hari karena keterampilan membaca dan menulis tidak hanya diajarkan di pengajaran berbahasa itu sendiri namun juga di mata pelajaran lain. Hal ini yang menjadi latar belakang peneliti untuk melakukan penelitian pembelajaran pada anak berkesulitan belajar membaca menulis di SD Negeri Giwangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD Negeri Giwangan berinisial MPD. Objek penelitian ini adalah pembelajaran membaca dan menulis. Analisis data melalui reduksi data, display, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility dengan triangulasi, diskusi dengan teman sejawat dan uji dependability dengan melakukan proses bimbingan kepada dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh anak berkesulitan belajar membaca menulis memenuhi karakteristik pembelajaran. Terdapat metode pembelajaran, tujuan pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan selama pembelajaran. Walaupun dari segi materi, tujuan, metode, media dan evaluasi pembelajaran telah dilakukan oleh guru kelas maupun guru mata pelajaran namun belum khusus untuk anak berkesulitan belajar membaca menulis karena disamakan dengan siswa reguler di kelas. Pemahaman guru kelas dan guru mata pelajaran mengenai anak berkesulitan belajar membaca menulis belum mendalam. Hal ini berdampak pada pemenuhan kebutuhan anak dan pendampingan serta bimbingan yang diberikan kepada anak berkesulitan belajar membaca menulis selama pembelajaran berlangsung. Komunikasi mengenai perkembangan anak berkesulitan belajar membaca menulis antara guru pendidikan khusus dengan orang tua sudah berjalan namun antara guru pendidikan khusus dengan guru kelas belum berjalan maksimal sehingga pendampingan menjadi kurang optimal. kata kunci: pembelajaran membaca menulis, anak berkesulitan belajar membaca menulis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29385

Actions (login required)

View Item View Item