Ali Muhson, M. Pd. (2007) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA LANJUT DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FISE UNY. [Experiment/Research]
|
Text
Ali_Muhson,_Mustofa_dan_Losina_Purnastuti.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan minat belajar Statistika Lanjut pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FISE UNY. (2) Mengetahui pengaruh metode pem¬be¬la¬jar¬an Problem Solving terhadap peningkatan pemahaman Statistika Lanjut pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FISE UNY tentang Statistika Lanjut. Penelitian ini dilaksanakan Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi FISE UNY, dengan mengambil subjek penelitian tiga orang dosen dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Statistika Lanjut sebanyak 52 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian tindakan kelas yang terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan tindakan, implementasi tindakan, pemantauan, serta evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan meng¬guna¬kan dokumentasi, observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa (1) penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa. Indikasinya adalah proses pembelajaran cukup menyenangkan dan mampu meningkatkan peran aktif mahasiswa. (1) Penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan pe¬ma¬haman mahasiswa. Indikasinya adalah proses pembelajaran men¬jadi lebih mudah diikuti dan adanya peningkatan nilai mahasiswa. FISE, 2007 (EKONOMI KOPERASI)
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi LPPM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Date Deposited: | 06 Aug 2012 06:58 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2936 |
Actions (login required)
View Item |