PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN

Hanan, Setyadi (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Hanan Setyadi 06504241010.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PROSES-PROSES DASAR PERMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN Oleh : Hanan Setyadi 06504241010 ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Proses-Proses Dasar Permesinan kelas X Otomotif C. Pembatasan materi yang dilakukan pada materi material logam dan non logam serta sifat-sifatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), model pembelajaran yang dilakukan adalah model kooperatif STAD. Sistematika penelitian yang dilakukan dengan 3 siklus yang setiap siklusnya berdurasi 2 x 45 menit. Subyek penelitian melibatkan kelas X Otomotif C SMK Muhammadiyah 4 Klaten yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi pada saat pelaksanaan pembelajaran. Langkah awal pembelajaran yang dilakukan adalah melakukan pembelajaran prasiklus dengan metode ceramah, di akhir pembelajaran diberikan soal untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan pengisian kuisioner serta kesimpulan. Pada siklus I dan II STAD mulai diterapkan. Siswa dibagi dalam kelompok secara heterogen menjadi 7 kelompok kecil. Langkah berikutnya tiap kelompok melakukan diskusi yang telah ditugaskan dan mempresentasikan. Hasil presentasi dan keaktifan siswa akan dinilai dengan mengobservasi pada saat pembelajaran berlangsung. Pada akhir siklus dilakukan test akhir untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran yaitu aktivitas siswa pada prasiklus sebesar 37,74% dengan kategori kurang, siklus I sebesar 69,76% dengan kategori kurang dan siklus II sebesar 79,64% dengan kategori sedang. Hasil belajar siswa, pada prasiklus sebesar 46,92% dengan kategori kurang, siklus I sebesar 67,14 % dengan kategori kurang, siklus II sebesar 83,29% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Jan 2016 02:32
Last Modified: 30 Jan 2019 06:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item View Item