Pengembangan Perangkat Penilaian Otentik pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD

Imaningtyas, Imaningtyas (2016) Pengembangan Perangkat Penilaian Otentik pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imaningtyas-13712251051.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) perangkat penilaian otentik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam yang layak digunakan untuk kelas IV SD, dan (2) perangkat penilaian otentik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid, reliabel dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research & Development) dengan pendekatan yang diadaptasi dari model Borg & Gall, yang terdiri dari 10 langkah tanpa dilakukannya implementasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Banggle 2, SDN Sawentar 1, SDN Papungan 1 dan 2, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Subjek uji coba keterbacaan sebanyak 8 peserta didik kelas IV SDN Banggle 2 yang dipilih secara acak. Uji coba skala kecil satu kelas peserta didik kelas IV SDN Sawentar 1. Uji coba skala besar sebanyak dua kelas dari SDN Papungan 1 dan 2. Perangkat penilaian otentik diuji secara empiris di lapangan dan berdasarkan experts judgment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah validasi ahli, teknik observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dengan metode Corrected Item-Total Correlations dan Iteman untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran butir soal. Peninjauan validitas isi menggunakan metode validitas isi Aiken dan peninjauan konsistensi penilaian rater dengan Intraclass Correlation Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perangkat penilaian otentik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV SD yang dikembangkan layak menurut validator dan memenuhi kriteria valid; (2) perangkat penilaian otentik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV SD yang dikembangkan memenuhi kriteria reliabel dengan koefisien lebih dari 0,6; (3) perangkat penilaian otentik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria praktis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat penilaian otentik, pembelajaran IPA, materi sumber daya alam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:57
Last Modified: 09 May 2019 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29290

Actions (login required)

View Item View Item