Hubungan Penerapan Standar Proses dan Pemenuhan Standar Sarana Prasarana dengan Prestasi Belajar Matematika SD di Kabupaten Belitung Tahun Pelajaran 2014/2015

Hermanto, Heri (2016) Hubungan Penerapan Standar Proses dan Pemenuhan Standar Sarana Prasarana dengan Prestasi Belajar Matematika SD di Kabupaten Belitung Tahun Pelajaran 2014/2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heri-hermanto-13712259013.swf

Download (110MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan (1) penerapan standar proses dengan prestasi belajar matematika SD, (2) pemenuhan standar sarana prasarana dengan prestasi belajar matematika SD, dan (3) penerapan standar proses dan pemenuhan standar sarana prasarana dengan prestasi belajar matematika SD. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh sekolah dasar negeri di Kabupaten Belitung Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan sampel 90 sekolah dasar negeri yang diperoleh dengan teknik Multistage Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala pemenuhan standar proses, angket skala pemenuhan standar sarana prasarana, dan laporan hasil pelaksanaan ujian nasional. Bukti validitas menggunakan teknik expert judgement dan uji terpakai. Estimasi reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi, uji regresi sederhana dan regresi berganda dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan standar proses dengan prestasi belajar matematika SD, dengan nilai koefisien korelasi sebesar rx1y = 0,473, p < 0,05 dan r2= 0,224, yang berarti 22,4% prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh penerapan standar proses; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemenuhan standar sarana prasarana dengan prestasi belajar matematika SD, dengan nilai koefisien korelasi sebesar rx2y = 0,430, p < 0,05, dan r2 = 0,185, yang berarti 18,5% prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh pemenuhan standar sarana prasarana; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan standar proses dan pemenuhan standar sarana prasarana dengan prestasi belajar matematika SD, dengan nilai koefisien korelasi sebesar Rx1x2y = 0,533, p < 0,05, dan R2 = 0,284, yang berarti 28,4% prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh penerapan standar proses dan pemenuhan standar sarana prasarana. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin baik penerapan standar proses dan pemenuhan standar sarana prasarana, semakin tinggi hubungannya dengan prestasi belajar matematika SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: standar proses, standar sarana prasarana, prestasi belajar matematika SD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Jan 2016 06:58
Last Modified: 09 May 2019 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29289

Actions (login required)

View Item View Item