STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM PEMESINAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK SE KABUPATEN KLATEN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

AAN, SEBTIYAN (2016) STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM PEMESINAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK SE KABUPATEN KLATEN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aan sebitian.pdf

Download (69MB) | Preview

Abstract

STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM PEMESINAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK SE KABUPATEN KLATEN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 Oleh: AAN SEBTIYAN NIM. 08503241027 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan sarana laboratorium pemesinan program keahlian teknik pemesinan SMK se kabupaten Klaten berdasarkan dari perabot, media pendidikan, perangkat pendidikan, dan peralatan utama dan menetahui tingkat kelayakan berdasarkan dari luas bangunannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Ketua Kompetensi Keahlian (K3), sedangkan obyek penelitian adalah sarana dan prasarana di laboratorium pemesinan khususnya ditinjau dari luas ruang, perabot, media pendidikan, perangkat pendidikan, dan kualitas peralatan utama yang berada di laboratorium pemesinan pada program keahlian teknik pemesinan di SMK Negeri 2 Klaten, SMK Leonardo Klaten, dan SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist dengan skala penilaian model Rating Scale. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan berdasarkan PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kelayakan ditinjau dari: (1) sarana (a) Perabot di laboratorium pemesinan SMK Negeri 2 Klaten yaitu 80% (sangat layak); SMK Leonardo Klaten yaitu 95% (sangat layak); dan SMK Batur Jaya 1 Ceper yaitu 100% (sangat layak). (b) Media pendidikan di laboratorium pemesinan SMK Negeri 2 adalah 50% (tidak layak); SMK Leonardo Klaten yaitu 50 %(tidak layak); dan SMK Batur Jaya 1 Ceper yaitu 72,22% (layak). (c) Perangkat di ruang laboratorium pemesinan SMK Negeri 2 Klaten adalah 50% (tidak layak); SMK Leonardo Klaten yaitu 100% (sangat layak); dan SMK Batur Jaya 1 Ceper yaitu 50% (tidak layak). (d) Kualitas peralatan utama di ruang laboratorium pemesinan SMK Negeri 2 Klaten yaitu adalah 75% (layak); SMK Leonardo Klaten yaitu 78,6% (layak); dan SMK Batur Jaya 1 Ceper yaitu 75% (layak). (2) Tingkat kelayakan ditinjau dari prasarana luas ruangan laboratorium SMK Negeri 2 Klaten adalah 69,44% (layak); SMK Leonardo Klaten yaitu 75% (layak); dan SMK Batur Jaya 1 Ceper yaitu 72,22% (layak). Kata kunci : Studi kelayakan, Sarana, Laboratorium Pemesinan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 22 Jan 2016 02:15
Last Modified: 22 Jan 2016 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29242

Actions (login required)

View Item View Item