"PENGEMBANGAN MODEL KULTUR SEKOLAH YANG KONDUSIF BAGI PERLINDUNGAN ANAK"

Ariefa, Efianingrum (2010) "PENGEMBANGAN MODEL KULTUR SEKOLAH YANG KONDUSIF BAGI PERLINDUNGAN ANAK". [Experiment/Research]

[img] Text
10_Ariefa_Efianingrum_(ung).doc

Download (20kB)

Abstract

Kekerasan yang terjadi dalam pendidikan merupakan potret kegagalan sekolah dalam menyemaikan nilai-nilai kemanusiaan. Minimalisasi bahkan peniadaan tindak kekerasan terhadap anak di sekolah merupakan agenda mendesak yang perlu dilakukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pengembanganmodel kultur sekolah yang kondusif bagi perlindungan anak, supaya anak-anak merasakan suasana aman dan nyaman di lingkungan sekolahnya. Dalam upaya mengembangkan kultur sekolah• yang kondusif bagi perlindungan anak, ada sejumlah aspek yang perlu diperhatikan, yaitu: proses belajar mengajar di kelas, kepemimpinan sekolah (leadership) dan manajemen sekolah, kultur sekolah, menyangkut iklim (atmosfer) dan nilai-nilai bersama yang akan diyakini oleh komunitas sekolah, serta partisipasi dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal. Adapun penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) untuk menemukan prototype model kultur sekolah yang kondusif bagi perlindungan anak di sekolah.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 06:12
Last Modified: 06 Aug 2012 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item