OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IRISAN KERUCUT MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKfUR DAN KUIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPA IKIP YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 1998/1999.

Sugiyono (1999) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IRISAN KERUCUT MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKfUR DAN KUIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPA IKIP YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 1998/1999. [Experiment/Research]

[img] Text
OPTIMALISASI_PEMBELAJARAN_IRISAN_KERUCUT_MELALUI.doc

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengorganisasikan tugas terstruktur dan kuis pada mata kuliah Geometri Analitik T, khususnya pokok bahasan Irisan Kerucut, yang kemudian dih:irapkan dapat meningkatkan a~tivitas mahasiswa dalam mengik'uti perkuliahan baik saat kuliah maupun dalam belajar mandiri di rumah. Penelitian ini termasuk penelitlail tindakan kelas, dengan subjek mahasiswa progaran studi Pendidikan Matematika FMIPA IK1P Yogyakarta yang mengikuti kuliah Geornetri Analitik I pada tahun akademik 1998/1999. Untuk evaluasi dan monitoring digtmakan angket dan observasi. Dari hasil observasi dan angket dapat disimpulkan bair.nl agar kondisi belajar dapat tercapai secara optimal, maka : (1) kuis dilakukan pada stiap partemuan/kuliah. kuis yang dilakukan pada akhir perkuliahan akan lebih meningkatkan semangat keseriusan dalam mengikuti kuliah, (3) materi kuis dapat berupa materi yang belum sudah, maupun yang bani saja diberikan, (4) tugas/PR diberi pada setiap pertemuan dan dikwnpulkan pada pertemnan berikutnya., (5) tugas/PR dikore-ksi, dikembahkml drul dibahas . Dari angket juga diperoleh bahwa k'uis dan tugaslPR dapat meningkatkan : (1) kerajinan lI1embaca /belajar materi yang akan dik'Uliahkan, (2) kerCliinan membaca ! belajar kembali materi yang telah di kuliahkan. (3) kesungguhan, keseriusan mengikuti kuliah, (4) kerajinan hadir kuliah. mahasiswa juga merasa..!;:an oaiiwa dengan tugas/PR dan latihan mengerja!mn soal-soal yang t~rdapat pada diktat l>:uliah dapat mpnambah kejelasan memahami materi dan memunbah keterampilan rlalam menye 1esaikan soal-soal.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 06 Aug 2012 06:36
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item