TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENILAIAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SE - KABUPATEN SLEMAN

PRATIWI, INDAH (2015) TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENILAIAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SE - KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_Indah Pratiwi_11404241004.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri se- Kabupaten Sleman, (2) Tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari tingkat pendidikan, (3) Tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari masa kerja, (4) Tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari usia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Sleman yang menerapkan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dengan tes pengetahuan, penilaian obsevasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik – deskriptif dalam bentuk persentase, tabulasi silang dan chi-square tests. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 masuk dalam kategori tinggi sebanyak 12 guru (80%), (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari tingkat pendidikan, (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari masa kerja, (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat pemahaman guru terhadap penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 dilihat dari usia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 11 Jan 2016 19:51
Last Modified: 30 Jan 2019 05:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29019

Actions (login required)

View Item View Item