METODE PEMBELAJARAN DRUM BAND PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS A, B, dan C DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Sworo, Okrifianto Syam (2015) METODE PEMBELAJARAN DRUM BAND PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS A, B, dan C DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (77MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang metode pembelajaran drum band di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Yang mana drum band inidiikuti oleh siswa kelas A, B, dan C. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah metode drum band di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Data diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknisanalisis data menggunakanteknikreduksi data, penyajian data, danpenyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Pembelajaran drum band di SLB N 1 Bantuldilaksanakansetiapharisenin jam 2-3 diikutioleh 25 siswadarianak tuna netra, tuna rungu, dan tuna grahita.2) Metode yang digunakan pelatih dalam pembelajaran drum band ini adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi, dan metode drill. 3) Proses pembelajaran drum band yang dilakukan adalah pembelajaran ritmis, latihan untuk tiap intrumen drum band serta pemberian materi untuk lagu bungong juempa, dan latihan bersama lagu bungong juempa. Dalam proses pembelajarannya ini sangat efektif karena diajarkan tiap bagian-bagian lagunya hingga mencangkup keseluruan lagu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 31 Dec 2015 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28970

Actions (login required)

View Item View Item