Sujatmoko, Eko (2015) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
SKripsi pdf fix.pdf Restricted to Registered users only until 2025. Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Piyungan dengan metode pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw II. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran seni budaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Piyungan yang berjumlah 28 siswa. Kolaborator penelitian yaitu Sri Windaryati, S.Pd., selaku guru seni musik di SMP Negeri 1 Piyungan. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratik, hasil, proses, katalitik, dan dialogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cooperative learning tipe Jigsaw II dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Piyungan. Keberhasilan tersebut ditunjukkan oleh jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 9 orang siswa (32,1%), pada siklus II meningkat menjadi 26 orang siswa (92,8%). Hal tersebut sudah sesuai dengan target keberhasilan tindakan, maka dari itu penelitian diakhiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 31 Dec 2015 06:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28969 |
Actions (login required)
View Item |