Stiawan, Bayu Aris (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EAR TRAINING BERBASIS E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI INTERVAL PADA PERKULIAHAN SOLFEGIO DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK UNY MENGGUNAKAN MOODLE OPEN SOURCE LEARNING PLATFORM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
SKRIPSI_Bayu Aris Stiawan.pdf Restricted to Registered users only until 2025. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran Solfegio untuk ear training dengan materi interval. Media pembelajaran yang dikembangkan ini akan membantu proses latihan mahasiswa secara mandiri. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development, dengan langkah-langkah: (1) Potensi & Masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, dan (8) Produk akhir. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode prosedural Borg & Gall namun dibatasi hanya hingga tahap revisi produk setelah dilakukan ujicoba. Penelitian ini diujikan pada mahasiswa aktif di Jurusan Pendidikan Seni Musik UNY. Data diperoleh dengan teknik observasi, penyebaran angket, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran yang didesain ini dinilai efektif untuk diterapkan pada perkuliahan Solfegio karena menggunakan media audio pada kegiatan ear training. Hal ini ditunjukkan oleh analisis data penelitian yang menunjukkan 31 responden memberikan total nilai 1741 dari skor maksimal 2108 poin atau 82,59%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 30 Dec 2015 02:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 05:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28964 |
Actions (login required)
View Item |