PENERAPAN METODE BELAJAR KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) PADA PRAKTIKUM KIMIA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA

Das Salirawati, M. Si. (2006) PENERAPAN METODE BELAJAR KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) PADA PRAKTIKUM KIMIA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MAHASISWA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Das_Salirawati.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk praktikum yang efektif yang dapat memberikan bekal pada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kognitif, keterampilan dan sikap ilmiah, serta pengaruh penerapan metode GI (Group Investigation) dalam Praktikum Kimia Dasar terhadap kompetensi yang dicapai mahasiswa. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi/ evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian mahasiswa Prodi Pendidik¬an Kimia yang mengikuti mata kuliah Praktikum Kimia Dasar berjumlah 39 mahasiswa. Objek penelitiannya adalah Kompetensi Mahasiswa yang terdiri atas kemampuan kognitif, keterampilan dan sikap ilmiah. Instrumen yang digunakan lembar observasi (check list), seperangkat lembar penilaian kinerja mahasiswa dalam praktikum dan unjuk kerja (presentasi), serta tes objektif tentang topik yang diberikan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menghitung rerata setiap aspek yang dinilai dan mengkonversikan ke dalam kriteria kualitatif yang diacu. Berdasarkan hasil penilaian oleh 5 observer (5 Dosen Jurdik Kimia) menunjukkan 4 aspek yang dinilai memperoleh kriteria sangat baik, yaitu aspek mengevaluasi, menganalisis data, rasa ingin tahu, dan kualitas interaksi, sedangkan 7 aspek lainnya mem¬per¬oleh kriteria baik. Rerata kinerja mahasiswa dalam praktikum menunjukkan rerata tertinggi pada aspek kemampuan menjaga kekompakan (3,73 sangat baik), sedangkan rerata terendah pada aspek keaktifan berargumentasi (2,6 baik). Penilaian kemampuan unjuk kerja (presentasi) percobaan menunjukkan 4 aspek memiliki kriteria sangat baik dan 2 aspek dengan kriteria baik. Rerata ter¬tinggi pada aspek kemampuan menerima saran dan pendapat teman (3,6 sangat baik) dan rerata terendah pada aspek kemampuan me¬nanggapi pertanyaan (2,7 baik). Nilai tes akhir yang diperoleh sebesar 8,08, nilai ini termasuk kategori tinggi. Secara keseluruhan penelitian ini telah berhasil menunjukkan bentuk praktikum yang efektif yang dapat memberikan bekal pada mahasiswa untuk me¬ngembangkan kemampuan kognitif, keterampilan dan sikap ilmiah, serta penggunaan GI dalam Praktikum Kimia Dasar berpengaruh terhadap kompetensi yang dicapai oleh mahasiswa. Kata kunci: metode, investigasi kelompok, praktikum, kualitas FMIPA, 2006 (PEND. KIMIA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 11 Sep 2012 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2896

Actions (login required)

View Item View Item