TEKNIK PERMAINAN DAN FUNGSI MUSIK TERBANGAN UMAT KATOLIK LINGKUNGAN PLATAR, PAROKI GEREJA SANTO IGNATIUS DANAN, KABUPATEN WONOGIRI

Narendra, Yuventius Tutud (2015) TEKNIK PERMAINAN DAN FUNGSI MUSIK TERBANGAN UMAT KATOLIK LINGKUNGAN PLATAR, PAROKI GEREJA SANTO IGNATIUS DANAN, KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang teknik permainan dan fungsi musik terbangan umat Katolik lingkungan Platar, paroki Gereja Santo Ignatius Danan, kabupaten Wonogiri.Latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan musik terbangan umat Katolik lingkungan Platar merupakan musik hasil akulturasi dan enkulturasi yang mempunyai kekhasan unik yang harus terus dihidupkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Obyek dalam penelitian ini adalah musik terbanganumat Katolik lingkungan Platar. Tahapan penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan pascalapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,dan dokumentasi.Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri.Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Validitas data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik permainan musik terbangan umat Katolik lingkungan Platar, paroki Gereja Santo Ignatius Danan, kabupaten Wonogiri adalah : (1) penabuh alat terbangan berjumlah 9 orang, sedangkan untuk penyanyinya kurang lebih berjumlah 15 orang (2)pada penampilan musik terbangan kostum yang digunakan adalah batik (3) pada vokal musik terbangan terdapat solis yang bertugas untuk membawakan bawa dan dirigen yang bertugas memimpin penyajian musik terbangan(4) alat perkusi musik terbangan adalah : terbang 1, terbang 2, terbang 3, terbang 4, terbang 5, terbang 6, tamborin, saron dan kendhang yang masing – masing alatnya mempunyai teknik permainan dan bentuk musik yang berbeda –beda (5) dalam setting panggung musik terbangan terdapat 2 formasi, yaitu penempatan instrumen perkusi terbangan di belakang vokal dan penempatan instrumen perkusi terbangan di samping vokal (6) penyajian musik terbangan dilakukan secara ansambel gabungan.Fungsi musik terbanganmeliputi : (1) sebagai pengiring peribadatan (2) sebagai pengiring hajatan (3) sebagai sarana hiburan (4) sebagai sarana pengajaran kitab suci (5) sebagai pengintegrasian sosial (6) sebagai pelestari kebudayaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Dec 2015 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28959

Actions (login required)

View Item View Item