STRATEGI PEMBELAJARAN DRUMBAND DI TK PUTRA JAYA SINDUADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Wulandari, Rizkian (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN DRUMBAND DI TK PUTRA JAYA SINDUADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI RIZKIAN WULANDARI .pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran di TK Putra Jaya Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta. Fokus dari penelitian ini strategi yang digunakan dalam pembelajaran drumband di TK Putra Jaya Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah pembelajaran drumband. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan teknik data reduction, data display, dan data verification. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan adalah: 1) strategi pembelajaran langsung yang berpusat pada guru dan siswa sebagai subyek belajar, strategi pembelajaran tidak langsung dengan guru sebagai perancang lingkungan belajar, strategi pembelajaran mandiri untuk membentuk siswa mandiri dan bertanggungjawab; 2) strategi penyampaian yang mencakup isi pengajaran, dan 3) strategi pengelolaan yang di dalamnya mencakup memotivasi peserta didik. Dalam proses pembelajaran drumband mengedepankan praktik yang meliputi: 1) latihan seksional dan 2) latihan bersama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Dec 2015 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28958

Actions (login required)

View Item View Item