UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIK BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DI SD NEGERI 1 PREMBUN MENGGUNAKAN METODE DRILL

Firmanto, Andre (2015) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIK BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DI SD NEGERI 1 PREMBUN MENGGUNAKAN METODE DRILL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI ANDRE.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan bernyanyi pada kelompok ekstrakurikuler paduan suara di SD Negeri 1 Prembun menggunakan metode drill. Permasalahan dalam peneltian ini adalah penguasaan teknik bernyanyi siswa yang masih rendah dalam kelompok ekstrakurikuler paduan suara di SD Negeri 1 Prembun, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc.Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek dalam penelittian ini adalah anggota kelompok ekstrakurikuler paduan suara di SD Negeri 1 Prembun yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari siswa kelas IV, V dan VI. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini, validitas yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas katalitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatan kemampuan bernyanyi dalam pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SD Negeri 1 Prembun. Dari tes pra-siklus, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 57. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah sebesar 71. Hasil nilai dari pra-siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 24,56 %. Pada akhir siklus II, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah sebesar 85,20. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20%. Berdasarkan hasil tes tersebut, pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SD Negeri 1 Prembun menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bernyanyi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 Dec 2015 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28951

Actions (login required)

View Item View Item