UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ANSAMBEL SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL DI SMP N 2 KALASAN

Tamtomo, Ridho Nur (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN ANSAMBEL SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL DI SMP N 2 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain ansambel menggunakan metode drill.Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran ansambelyang masih di bawah standar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ansambel yang berjumlah 16 siswa. Kolaborator penelitian yaitu Theodorus Joko Sudewo,S.Pd. selaku guru seni musik kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian.Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, tes praktik dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratis, proses, dan dialogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain ansambel. Hal ini dibuktikan bahwapada kondisi awal rata-rata nilai siswa 63,13, siklus 1 meningkat menjadi 71,25, dan pada siklus 2 meningkatmenjadi 77,50. Secara keseluruhan meningkat sebesar 22,78%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 Dec 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28943

Actions (login required)

View Item View Item