HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN MINAT BELAJAR SENI MUSIK PADA SISWA SMP NEGERI 2 KEBUMEN

Yudasmara, Ardiansyah (2015) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN MINAT BELAJAR SENI MUSIK PADA SISWA SMP NEGERI 2 KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan minat belajar seni musik pada siswa SMP Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan informasi tentang hubungan efikasi diri dengan minat belajar seni musik pada siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kebumen yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket. Angket tersebut disusun berdasar Skala Likert, suatu skala psikometerik yang umum digunakan dalam kuesioner, dan merupakan skala yang paling banyak digunakan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasional kuantitatif yaitu analisis statistik yang berusaha untuk mencari hubungan antara dua buah variabel atau lebih. Hasil penelitian menunjukan efikasi diri mempunyai korelasi sebesar 0,667 dengan minat belajar seni musik. Sesuai pedoman interpretasi koefisien korelasi nilai 0,667 termasuk dalam kategori tingkat hubungan yang kuat. Adapun uji signifikan F_hitung= 94,524 lebih besar dari F_tabel= 3,94. Berdasarkan taraf signifikan yang digunakan 5% ( =0,05) dengan kriteria pengujian jika F_hitung lebih besar dari F_tabel, maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan minat belajar seni musik pada siswa SMP N 2 Kebumen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 29 Dec 2015 07:12
Last Modified: 30 Jan 2019 05:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28940

Actions (login required)

View Item View Item