STUDI KESIAPAN GURU SEJARAH SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO DALAM IMPLEMENTASI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI (RSKM)

Fajarini, Dyah (2010) STUDI KESIAPAN GURU SEJARAH SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO DALAM IMPLEMENTASI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI (RSKM). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
STUDI KESIAPAN GURU SEJARAH SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO DALAM IMPLEMENTASI RINTISAN SEKOLAH KATEGORI MANDIRI (RSKM).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rintisan Sekolah Kategori Mandiri pada dasarnya merupakan peningkatan Jrualitas pendidikan berbasis sekolah agar memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan. Sekolah berfungsi sebagai unit mengembangkan kurikulum, silabus, srrategi pembelajaran, dan sistem penilaian Pengembangan sekolah diperlukan adanya tenaga pendidik yang berkompetensi. Guru sejarah terkesan mudah dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga tidak memacu untuk peningkatan kompetensinya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah, resiapan guru sejarah, kendala yang dihadapi sekolah dan kendala yang dihadapi gurusejarah SMA N 1 Pengasih dalam implementasi RSKM. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, Subyek dalam penelitian ini ah Guru sejarah dan wakil kepala sekolah urusan kurikulum SMA N 1 engasih. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teori dan trianggulasi sumber. Analisis data ggunakan analisis kualitatif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (l) Kesiapan SMA N 1 Pengasih dalam implementasi RSKM sudah cukup optimaL Dari hasil supervisi tahun 2009 enurut kategori aspek siap SKM sedangkan tenaga pendidik menurut kategori aspek standar III. Persiapan dilakuakan dengan In House Training, rapat kerja guru, pelatihan komputer dan adanya pegawasan serta pengontrolan kinerja guru; Kesiapan Guru sejarah dalam implementasi RSKM belum optimaL Penyusunan perangkat pembelajaran belum memenuhi standar RSKM. ompetensi guru juga belum meningkatan. Sosialisasi sekolah, MGMP, seminar _ ang diikuti guru membantu kesiapan RSKM; (3) Kendala yang dihadapi SMA N Pengasih dalam implementasi RSKM adalah pendanaan pelaksanaan RSKM, dnkungan pemerintah daerah kurang maksimal, kinerja guru tergolong rendah, oeban guru terlalu berat, sarana dan prasarana kurang memadai, siswa belum yesuaikan program RSKM sesuai tujuan; (4) Kendala yang dihadapi guru . arab dalam implementasi RSKM adalah dukungan sekolah belum maksimal, pembelajaran masih kurang, terlalu banyak materi, waktunya kurang, siswa knrang aktif, fasilitas kurang lengkap, pengetahuan yang terbatas, kurang kreatif, esu1itan menggunakan media, kemampuan guru mengembangkan kurikulum, perangkat pembelajaran kurang bisa dilaksanakan guru dengan baik. Kata kunci : Guru sejarah, SMA N 1 Pengasih, RSKM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 18 Dec 2015 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28852

Actions (login required)

View Item View Item