Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Segugus Kepatihan Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen

Karlitasari, Luthfi (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Segugus Kepatihan Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-luthfi-karlitasari-13712251011.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipepeer tutoring terhadap kemampuan komunikasi matematika; 2) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipepeer tutoring terhadap motivasi belajar siswa; 3) perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipepeer tutoring dan tipe think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematika dan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Gugus Kepatihan Kecamatan Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiments) dengan desain pretest-postest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus Kepatihan Kecamatan Kebumen tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dari populasi yang ada diambil 3 kelas secara random sebagai sampel. Dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model Peer Tutoring, dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan Think Talk Write. Kelas yang diperoleh adalah kelas V SD Negeri 2 Kutosari (eksperimen1), kelas V SDN 4 Kutosari (eksperimen 2), dan kelas V SDN 7 Kutosari (kontrol). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan komunikasi matematika dan motivasi belajaradalah soal tes dan angket motivasi. Uji normalitas data menggunakan Klomogorov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas secara multivariate menggunakan uji Box M. Data dianalisis menggunakan independent samples t-test, uji MANOVA, dan uji kriteria Bonferroni Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peer tutoring berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai signifikansi 0,00 (independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05). 2) peer tutoring berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,00 (independent sample t-testdengan taraf signifikansi 0,05). 3) terdapat perbedaan pengaruh antara peer tutoringdan think talk write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematika dan motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,00(MANOVA T² Hotelling dengan taraf signifikansi 0,05). Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Peer Tutoring berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika dan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Gugus Kepatihan Kecamatan Kebumen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peer tutoring, kemampuan komunikasi matematika, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:41
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

View Item View Item