PEMAHAMAN GURU PKN TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG

Wulandari, Sri (2010) PEMAHAMAN GURU PKN TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PEMAHAMAN GURU PKN TERHADAP KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui Pemahaman KTSP guru mata pelajaran PKn di SMP Se-Kabupaten Tulang Bawang Lampung terhadap Pemahaman KTSP mata pelajaran PKn yang dimaksud adalah pemahaman guru-guru PKn terhadap (SK dan KD), Pemahaman terhadap penyusunan Silabus, RPP, dan Pemahaman terhadap Penilaian Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu untuk mengetahui pemahaman guru PKn mengenai KTSP, yang meliputi (SK dan KD), penyusunan Silabus, RPP, dan penilaian pembelajaran guru di SMP Se-Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Sampel penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik pefigufiipulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah induktif. Teknik pemeriksaan keabsahan yang digunakan adalah teknik cross check data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Karena adanya perbedaaan latar belakang, daerah, kapasitas dan kompetensi, guru PKn SMP Se-Kabupaten Tulang Bawang Lampung, Guru kurang paharn terhadap SK dan KD dlkarenakan faktor kondisi daerah dan sekolah yang tidak sesuai. 2) Guru Paham terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yaitu dalam penyusunan silabus masih mengacu dari Difias Pertdidikan kernudian dikernbangkan dan disesuaikan dengan k6ndisi sekolah, 3) Guru Paham terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yaitu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kendala hanya pada waktu karena RPP dibuat mengacu pada silabus yang masih berasal dati Depdiknas, 4) Guru PKn SMP se- Kabupaten Tulang Bawang Lampung paham terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap penilaian pembelajaran. Penilaian kelas yang dilakukan telah mampu memberikar; kernajuan dati hasil belajar' siswa, Menganalisa kesulitan belajar, memberikan umpan balik (feed back) materi yang disampaikan memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan, pembentukan kompetensi siswa serta menentukan kenaikan kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 16 Dec 2015 07:26
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item View Item