PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMP N 2 TEMPEL

Sari, Dyah Ika Puspita (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMP N 2 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SMP N 2 TEMPEL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode pebelajaran kooperatiftipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan berbagai tindakan guna memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX D di SMP N 2 Tempel yang nilai rata-rata kelas masih rendah atau kurang dari 75 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) khususnya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi aktivitas dan nilai rata-rata kelas menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode kooperatif tipe TAl dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan pada siklus I nilai aktivitas siswa adalah sebesar 46,69 mempunyai tingkat aktivitas rendah. Siklus II tingkat aktivitas belajar siswa meningkat, yaitu 70,56 mempunyai tingkat aktivitas belajar siswa tinggi. Hal ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan mengunakan metode kooperatiftipe Team Asisted Individualization (TAl). Nilai rata-rata hasil belajar pada pre test siklus I 64,30 dan nilai rata-rata post test siklus I 72,14 dan post test siklus II 78,05. Masing-rnasing nilai rata-rata hasil belajar siswa pada post test daJ?, pre test siklus I dan II mengalami kenaikan. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan tiap siklusnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 16 Dec 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28806

Actions (login required)

View Item View Item