PENERAPAN PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERONG, DLINGO, BANTUL

Selviana (2010) PENERAPAN PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERONG, DLINGO, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERONG, DLINGO, BANTUL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemberian hadiah dan hukuman sebagai motivasi dalam meningkatkan pre stasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terong, Dlingo, Bantul. Hal yang dapat melatar belakangi diadakannya penelitian ini adalah karena dalam kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang tennotivasi dalam mengikuti pelajaran. Dengan mengetahui penerapan pemberian hadiah dan hukuman sebagai motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, mengembangkan metode pembelajaran yang kreatif dan lebih mendalami karakteristik siswa supaya tepat dan akurat dalam penerapan pemberian hadiah dan hukuman. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang lebih mengutamakan pada masalah proses dan makna. Subyek penelitian ini diambil dari data siswa, guru mata pelajaran dan Kepala Sekolah. Sumber data dalam penelitian ini berupa tindakan, kata-kata, catatan lapangan, pengamatan kelas dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi langsung non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah populasi sampling (keseluruhan objek yang diteliti). Uji validitas data digunakan dengan teknik triangulasi data dan teknik informant review. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terong sudah menerapkan pemberian hadiah dan hukuman sebagai motivasi dalam meningkatkan pre stasi belajar siswa.• Penerapan pemberian hadiah dan hukuman berperan terhadap peningkatan pre stasi belajar. Faktor yang menghambat penerapan pemberian hadiah adalah biaya yang dipergunakan untuk membeli hadiah apabila berwujud barang yang mahal dan faktor dari peserta didik yang kadang-kadang bersaing secara negatif Faktor yang menghambat penerapan pemberian hukuman yaitu keterbatasan pengetahuan yang climiliki guru tentang penerapan pemberian hukuman sebagai motivasi dalam meningkatkan pre stasi belajar siswa dan kurangnya kesadaran peserta didik menerima hukuman atas tanggungjawab terhadap kesalahannya. Kata Kunci: Penerapan pemberian badiab dan bukuman, Motivasi siswa, Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 15 Dec 2015 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28790

Actions (login required)

View Item View Item