Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Utami, Kustiwi nur (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kustiwi-nur-utami-13712251074.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik integratif yang layak bagi siswa dan mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan untuk meningkatkan nilai-nilai karakter siswa terutama karakter santun dan tanggung jawab, meningkatkan motivasi belajar siswa terutama motivasi belajar intrinsik, dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan desiminasi produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dievaluasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran untuk mengetahui validitas produk tersebut. Subjek uji coba adalah siswa kelas II SD yang terdiri atas 3 siswa SD Glagahan pada uji coba awal, dan 9 orang siswa SD Tunjungan pada uji coba lapangan yang dipilih berdasarkan kriteria siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Subjek uji pada uji coba operasional meliputi 50 orang siswa yang terdiri atas 25 siswa SD Tunjungan sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa SD Glagahan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran tematik integratif yang terdiri atas: silabus, RPP, LKS, media pembelajaran, dan soal tes prestasi belajar. Hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran tersebut dinyatakan layak dan untuk silabus berkategori cukup baik dengan skor 65, sedangkan RPP skor 100, media pembelajaran skor 48, LKS skor 71, soal tes prestasi belajar skor 61 dan seluruhnya berkategori baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria praktis dilihat dari penilaian guru skor 355 dan respon siswa skor 4,39. Hasil tes prestasi belajar untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata skor pretest 7,08 dan skor posttest 7,88. Pada kelas eksperimen diperoleh skor pretest 7,02 dan posttest 8,2. Peningkatan skor kelas kontrol berdasarkan gain standar 0,25 dan kelas eksperimen 0,40. Pembelajaran dengan perangkat yang dikembangkan mampu meningkatkan karakter santun dan tanggung jawab. Rata-rata hasil penilaian afektif siswa untuk karakter santun adalah 3,31 dan tanggung jawab adalah 3,17. Rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa untuk motivasi intrinsik adalah 3,25.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran tematik integratif, karakter, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2015 02:39
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28704

Actions (login required)

View Item View Item