PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL PROYEK TUGAS AKHIR PADA MATA PELAJARAN PENGOPERASIAN DAN PERAKITAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Fitri, Dwi Astuti (2015) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL PROYEK TUGAS AKHIR PADA MATA PELAJARAN PENGOPERASIAN DAN PERAKITAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fitri Dwi Astuti 09518241038.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL PROYEK TUGAS AKHIR PADA MATA PELAJARAN PENGOPERASIAN DAN PERAKITAN SISTEM KENDALI DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Fitri Dwi Astuti NIM. 09518241038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kemampuan awal, keaktifan siswa dan hasil proyek tugas akhir pada mata pelajaran Pengoperasian dan Perakitan Sistem Kendali Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 2 Yogyakarta, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil proyek tugas akhir, (3) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil proyek tugas akhir, serta (4) pengaruh kemampuan awal dan keaktifan siswa terhadap hasil proyek tugas akhir. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII TITL di SMKN 2 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 83 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling acak proposional. Teknik pengumpulan data untuk variabel kemampuan awal menggunakan tes, sedangkan untuk variabel keaktifan siswa menggunakan angket dan untuk hasil proyek tugas akhir menggunakan lembar penilaian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan awal sebagian kecil siswa (52%) termasuk kategori kurang, keaktifan sebagian kecil siswa (49%) termasuk kategori cukup dan hasil proyek tugas akhir sebagian kecil siswa (46%) termasuk kategori cukup, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kemampuan awal sebesar 8,5% terhadap hasil proyek tugas akhir, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada keaktifan siswa sebesar 4,8% terhadap hasil proyek tugas akhir, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kemampuan awal dan keaktifan siswa sebesar 12,2% terhadap hasil proyek tugas akhir. Kata kunci: Hasil Proyek tugas Akhir, Kemampuan Awal, Keaktifan Siswa, Pengoperasian dan Perakitan Sistem Kendali

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2015 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28683

Actions (login required)

View Item View Item