PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN DENGAN MEDIA DAKON PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V A DI SLB N 1 YOGYAKARTA

Angga, Adi Prasetya (2015) PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN DENGAN MEDIA DAKON PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V A DI SLB N 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ANGGA ADI PRASETYA_11103244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar operasi perkalian bagi siswa Tunagrahita ringan kelas V A SLB N 1 Yogyakarta dalam mata pelajaran matematika menggunakan media dakon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak Tunagrahita ringan kelas V A berjumlah 4 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah digunakan media dakon dalam operasi perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar anak Tunagrahita ringan. Hal ini dibuktikan dari hasil tes yang telah dilaksanakan. Skor yang diperoleh subyek FT pada pra tindakan dan pasca tindakan I dan II yaitu 50%, 70%, dan 100% total peningkatan skor sebesar 50%. Subyek HN pada pra tindakan, siklus I dan II mendapat 40%, 60%, dan 80% total peningkatan sebesar 40%. Subyek SS pada pra tindakan, siklus I dan II sebesar 30%, 50% dan 80% total peningkatan sebesar 50%. Sementara subyek WB skor pra tindakan, pasca tindakan siklus I dan II 40%, 70% dan 90% total peningkatan 50%. Hasil pasca tindakan II sudah dapat melebihi KKM sebesar 70. Penerapan media dakon dilakukan dengan beberapa langkah pembelajaran yakni (1) Guru menyiapkan peralatan media dakon serta mengkondisikan keadaan kelas; (2) Guru mengenalkan media dakon sebagai media permainan dan meminta siswa untuk memahami aturan dalam media dakon; (3) Guru menjelaskan konsep operasi perkalian dengan menggunakan benda yang sering dijumpai anak; (4) Siswa diberikan pertanyaan mandiri; (5) Guru memberikan soal mandiri kepada siswa agar pemahaman siswa dalam operasi perkalian mampu dipahami; (6) Guru mengenalkan dakon sebagai media belajar menghitung operasi perkalian apabila hasil perkalian lebih dari bilangan 90; (7) Siswa diberikan soal mandiri perkalian dengan hasil di bawah bilangan 90; (8) Siswa diminta menyimpulkan pembelajaran mengenai operasi perkalian dengan menggunakan media dakon.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:33
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28681

Actions (login required)

View Item View Item