EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA

Catur, Rina Ajiningsih (2015) EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
CATUR RINA AJININGSIH_11103241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan media komik modifikasi terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB Yapenas Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subject Research. Desain yang digunakan yaitu desain baseline(A1)-intervensi (B)-baseline(A2). Subjek penelitian merupakan seorang anak tunagrahita kategori ringan kelas IV. Data diperoleh dengan menggunakan tes membaca permulaan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Tahap analisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik modifikasi efektif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB Yapenas Yogyakarta. Keefektivan media komik modifikasi dilihat dari persentase overlap 0% serta peningkatan rerata nilai tes membaca permulaan yang diperoleh. Pada fase baseline (A1), rerata nilai tes membaca permulaannya yaitu 51,25% sedangkan pada fase intervensi (B) yaitu 64,25% sehingga peningkatannya sebesar 13%. Pada fase intervensi (B), rerata nilai tes membaca permulaannya yaitu 64,25% sedangkan pada fase baseline (A2) yaitu 67,5% sehingga peningkatannya sebesar 3,25%. Pada fase baseline (A1), rerata nilai tes membaca permulaannya yaitu 51,25% sedangkan pada fase baseline (A2) yaitu 67,5% sehingga peningkatannya sebesar 16,25%. Penguasaan kemampuan membaca permulaan subjek ditunjukkan dengan subjek mampu mengenal dan mengucapkan huruf alfabet (konsonan, vokal, konsonan ganda, dan diftong) serta membaca beberapa huruf yang digabungkan menjadi suku kata, kata, dan kalimat. Peningkatan tersebut diperoleh dengan bimbingan guru berupa: 1) guru membimbing siswa memusatkan perhatian pada teks; 2) guru membimbing siswa menguraikan teks menjadi satuan bahasa yang lebih kecil; 3) guru membimbing siswa menyimpulkan satuan bahasa menjadi kalimat bentuk semula.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:22
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28679

Actions (login required)

View Item View Item