PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 6 SD DI SLB PGRI TRIMULYO JETIS BANTUL

Deni, Tri Hartati (2015) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 6 SD DI SLB PGRI TRIMULYO JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DENI TRI HARTATI_11103241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata melalui metode permainan teka-teki silang bergambar pada anak tunarungu kelas 6 SD SLB PGRI Trimulyo Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitaif. Subjek dalam penelitian adalah siswa tunarungu kelas 6 SD di SLB PGRI Trimulyo yang berjumlah 2 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan penguasaan kosakata dan observasi yang dilakukan untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dalam pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif dengan penyajian data berupa tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguasaan kosakata anak tunarungu dapat meningkat melalui penggunaan metode permainan teka-teki silang bergambar. Hal ini dibuktikan dari hasil tes pada siklus I kedua siswa mengalami peningkatan jika dibandingkan tes kemampuan awal. Pada siklus I kedua siswa masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II semua siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75. Setelah dilakukan tes pasca tindakan 2, FA mendapatkan nilai 77,5 dan FMR mendapatkan nilai 82,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 6 SD di SLB PGRI Trimulyo meningkat setelah menggunakan metode permainan teka-teki silang bergambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:19
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28678

Actions (login required)

View Item View Item