EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL KIRIGAMI POP UP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II SD DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA BANTUL YOGYAKARTA

Pawestri, Hasanah (2015) EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL KIRIGAMI POP UP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II SD DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PAWESTRI HASANAH_11103244038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media visual kirigami pop up terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak autis kelas II SD di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah single aubject research (SSR) dengan desain A1-B-A2. Subjek penelitian merupakan satu siswa autis kelas II Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah panduan instrument tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual kirigami pop up efektif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak autis yang ditunjukkan dengan berkurangnya frekuensi kesalahan pada tes membaca permulaan yang dilakukan oleh subjek setelah diberikan intervensi. Adapun jumlah frekuensi kesalahan pada tes membaca permulaan pada baseline-1 (A1) yaitu: A11=6, A12=6 dan A13=6, frekuensi kesalahan dapat dikatakan stabil karena cenderung menetap. Frekuensi kesalahan yang dilakukan subjek selama sesi intervensi (B) yaitu: B1=4, B2=2, B3=2, B4=0, dan B5=0 sedangkan frekuensi kesalahan pada tes membaca permulaan pada baseline-2 (A2) yaitu: A21=0, A22=0 dan A23=0. Efektivitas tersebut juga didukung oleh persentase overlap rendah yaitu 0%. Perubahan level terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-2 (A2/B) untuk kemampuan membaca permulaan yaitu +4 (membaik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:08
Last Modified: 07 Dec 2015 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28675

Actions (login required)

View Item View Item