PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS MELALUI MEDIA KREASI KIRIGAMI DI SLB AUTIS DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Rarasati, Deysa (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS MELALUI MEDIA KREASI KIRIGAMI DI SLB AUTIS DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RARASATI DEYSA_11103244004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak autis melalui media kreasi kirigami di SLB Dian Amanah Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan subyek siswa autis kelas II SDLB di SLB Autis Dian Amanah Yogyakarta yang berjumlah 2 siswa dengan inisial EGS dan THI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kreasi kirigami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus bagi siswa autis kelas II SDLB di SLB Autis Dian Amanah Yogyakarta. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan tercapainya persentase yang telah ditentukan, yakni 70%. Terlebih dahulu peneliti memberikan pra tindakan, adapun nilai pra tindakan yang diperoleh subjek EGS yaitu 57,1% (kategori kurang) dan subjek THI yaitu 66,6% (kategori cukup). Tindakan siklus I berupa penggunaan media kreasi kirigami dengat teknik sederhana sesuai dengan karakteristik anak autis yaitu teknik dengan 2 lipatan dan membuat bentuk 2 dimensi, kemampuan motorik halus siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dalam pasca tindakan siklus I yaitu subjek EGS memperoleh nilai 61,9% (kategori cukup) dan subjek THI memperoleh nilai 80,9% (kategori baik). Tindakan siklus II dilakukan beberapa modifikasi dalam proses pembelajaran. Hasil pasca tindakan siklus II nilai yang di dapat subjek EGS adalah 80,9% (kategori baik) dan subjek THI adalah 90,4% (kategori sangat baik). Persentase peningkatan kemampuan motorik halus bagi anak autis kelas II SDLB di SLB Autis Dian Amanah Yogyakarta dari pra tindakan hingga pasca tindakan siklus II yaitu subjek EGS memperoleh nilai 41,6% sedangkan subjek THI memperoleh nilai 35,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28674

Actions (login required)

View Item View Item