EFEKTIVITAS METODE GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA FUNGSIONAL ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V DI SLB WIYATA DHARMA 3 SLEMAN DIY

Rate, Alif Rifkianto (2015) EFEKTIVITAS METODE GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA FUNGSIONAL ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS V DI SLB WIYATA DHARMA 3 SLEMAN DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RATE ALIF RIFKIANTO_10103241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Glenn Doman terhadap kemampuan membaca fungsional pada aspek membaca kata dalam produk kemasan makanan, produk kemasan perlengkapan mandi, dan produk kemasan obat pada anak tunagrahita kategori ringan kelas V di SLB Wiyata Dharma 3 Sleman DIY. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A1-B-A2.Subjek penelitian merupakan anak tunagrahita kategori ringan kelas V, yakni Subjek ER. Pengumpulan data melalui pengukuran persentase ketercapaian membaca fungsional menggunakan tes, observasi dan wawancara..Hasil penelitian pada proses pembelajaran membaca fungsional selama sesi intervensi menunjukkan peningkatan kemampuan yang dialami anak ditunjukkan melalui naiknya skor mean level pada aspek membaca kata dalam produk kemasan makanan, produk kemasan perlengkapan mandi, dan produk kemasan obat. Subjek (ER) untuk membaca produk kemasan makananmean level meningkat dari 40% pada kondisi baseline-1 (A1) menjadi 58% pada saat intervensi (B) dan 60% pada saat baseline-2 (A2). Subjek (ER) untuk membaca produk kemasan perlengkapan mandi, mean level meningkat 40% pada kondisi baseline-1 (A1) menjadi 68% pada intervensi (B) dan 70% pada saat baseline-2(A2). Subjek(ER) untuk membaca produk kemasan obat, meningkat dari 30% pada kondisi baseline-1(A1) menjadi 48% pada saat intervensi (B) dan 60% pada saat baseline-2(A2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode Glenn Doman, kemampuan membaca fungsional yang berkaitan pada aspek membaca kata dalam produk kemasan makanan, produk kemasan perlengkapan mandi, dan produk kemasan obat dapat ditingkatkan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Glenn Doman efektif terhadap kemampuan membaca fungsional pada anak tunagrahita kategori ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:04
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item View Item