PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM MENGELOLA MENSTRUASI MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWI AUTISTIK KELAS VI DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Ratna, Kartika Dewi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM MENGELOLA MENSTRUASI MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWI AUTISTIK KELAS VI DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RATNA KARTIKA DEWI_11103244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengembangan diri dalam mengelola menstruasi melalui metode latihan pada anak dengan autisme kelas VI di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari satu siswi autistikkelas VI di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan mengelola menstruasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan mengelola menstruasi anak dengan autisme kelas VI di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan dari kemampuan awal subjek LA yang mendapat skor 48. Setelah dilakukan tindakan selama proses pelaksanaan siklus I berupa memberi penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan selama mengelola menstruasi, memberi contoh latihan mengelola menstruasi, dan memberikan bimbingan latihan kepada subjek selama kegiatan mengelola menstruasi. Pada siklus II subjek LA meningkat sebesar 12% dengan skor 70 dan sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan yakni 65. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya refleksi yang dilakukan dengan tindakan memberikan pembelajaran mengelola menstruasi pada saat subjek menstruasi, dan mengganti pembalut gel dan berparfume dengan pembalut yang tidak mengadung gel dan parfume, serta memberikan latihan menjadi lebih sering dan memberikan contoh lebih detail. Hasil tindakan siklus II menunjukkan bahwa subjek telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 65. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan metode latihan pengembangan diri mengelola menstruasi siswi autistik kelas VI di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:00
Last Modified: 30 Jan 2019 05:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28672

Actions (login required)

View Item View Item