PEMANFAATAN LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO

Prastyawati, Lia (2010) PEMANFAATAN LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PEMANFAATAN LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pemanfaatan laboratorium IPS yang belum maksimal dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran sosiologi. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui realitas pembelajaran sosiologi yang memanfaatkan Iaboratorium IPS, (2) untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil prestasi belajar dengan memanfaatkan Iaboratorium IPS dan prestasi belajar yang diadakan di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bersifat eksperimen sesungguhnya (true eksperimental research) dengan desain control-group pre tes-post test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo, dengan jumlah populasi 286. Pengambilan sampel dengan teknik purposive random sampling. Hasil perhitungan sampel diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas X.3 yang pembelajarannya dilakukan di laboratorium IPS, dan kelompok kontrol yaitu kelas X.2 yang pembelajarannya dilakukan di kelas. lumlah sampel masing-masing kelas adalah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran di Iaboratorium IPS Iebih meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini ditunjukkan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti setiap alur pembelajaran. Berbeda dengan pembelajaran di ruang keIas, siswa kurang menyukai dengan alur pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang acuh tak acuh dan memilih mengobrol dibandingkan memperhatikan pembelajaran. Terdapat perbedaan yang- signifikan antara pembelajaran di kelas dan pembelajaran dengan memanfaatkan Iaboratorium IPS. Pemanfaatan laboratorium IPS dapat meningkatkan prestasi pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 7 Purworejo, dibuktikan dengan nilai rerata pretest eksperimen sebesar 5.563 meningkat menjadi 7.719 pada saat posttest. Dan dibuktikan dengan uji t amatan ulangan diperoleh thitung > ttabel (10.421 > 2.042) dan p < 0.05. Rata-rata peningkatan nilai di kelas eksperimen juga Iebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dari uji t rata-rata peningkatan kelas eksperimen 2.156 dan rata-rata peningkatan kelas kontrol 0.297, dengan thitung > ttabel (6.177 > 1.999) pada taraf signifikansi 5%, dan nilai p < 0.05 (p= 0.000 < 0.05). Keyword: laboratorium IPS, pembelajaran sosiologi, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Dec 2015 03:40
Last Modified: 30 Jan 2019 05:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item