PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA SMP KELAS IX UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE SMK PELAYARAN DI KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN

Cantrika, Cahya (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA SMP KELAS IX UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE SMK PELAYARAN DI KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Cahya Cantrika_09404244050_Pendidikan Ekonomi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh prestasi belajar dan motivasi belajar terhadap minat siswa SMP kelas IX untuk melanjutkan studi ke SMK Pelayaran di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/ kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa dari 4 SMP kelas IX di Kecamatan Puring. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 224 siswa dari 4 SMP di Kecamatan Puring dengan teknik proportional random sampling. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Variabel prestasi belajar berpengaruh positif terhadap minat siswa SMP kelas IX untuk melanjutkan studi ke SMK Pelayaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 dan t hitung sebesar 2,670. 2) Variabel motivasi berpengaruh positif terhadap minat siswa SMP kelas IX untuk melanjutkan studi ke SMK Pelayaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 16,101. 3) Variabel prestasi belajar dan motivasi belajar terhadap minat siswa SMP kelas IX untuk melanjutkan studi ke SMK Pelayaran. Hasil ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan F hitung yaitu 140,124.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 04 Dec 2015 06:43
Last Modified: 30 Jan 2019 05:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28664

Actions (login required)

View Item View Item