Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia pada Materi Hidrokarbon untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas

Nazalin, Nazalin (2015) Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia pada Materi Hidrokarbon untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nazalin-12707251019.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon untuk siswa SMA kelas XI, dan (2) mengungkapkan kelayakan produk multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tomia dan SMAN 2 Tomia dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi and Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kelompok peminatan ilmu alam SMAN 1 Tomia dan SMAN 2 Tomia yang berjumlah 20 orang pada tahap uji beta, dan 45 orang pada tahap validasi program. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, lembar angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Uji kelayakan multimedia dari segi keefektifan produk diketahui dengan cara analisis tingkat pencapaian kompetensi minimal yang harus dikuasai siswa serta analisis nilai pre-test dan post-test menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasilkan adalah multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon yang terdiri dari kompetensi, materi ajar, evaluasi, dan game; (2) produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia materi hidrokarbon berdasarkan validasi ahli media dengan hasil penilaian baik, validasi ahli materi dengan hasil penilaian sangat baik, penilaian oleh 20 orang siswa dengan hasil penilaian sangat baik, serta penilaian oleh 45 orang siswa dengan hasil penilaian sangat baik, serta produk yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon berdasarkan analisis capaian kompetensi minimal sebesar 95% di SMAN 1 Tomia dan 87% di SMAN 2 Tomia serta gain score rata-rata seluruh siswa dari hasil pre-test dan post-test sebesar 0,66 (kategori sedang).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan multimedia, multimedia interaktif, pembelajaran kimia, hidrokarbon
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Kimia
Teknik & Teknologi > Komputer
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28663

Actions (login required)

View Item View Item