PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PELAYANAN PRIMA KOPERASI SEKOLAH “TUNAS PELITA” SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Anggraini Fofied, Faradina (2015) PENGARUH PARTISIPASI ANGGOTA DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PELAYANAN PRIMA KOPERASI SEKOLAH “TUNAS PELITA” SMK KOPERASI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh partisipasi anggota terhadap pelayanan prima koperasi sekolah; (2) adanya pengaruh sikap kewirausahaan terhadap pelayanan prima koperasi sekolah; (3) adanya pengaruh partisipasi anggota dan sikap kewirausahaan terhadap pelayanan prima koperasi sekolah SMK Koperasi. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto juga merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah partisipasi anggota dan sikap kewirausahaan sebagai variabel bebas dan pelayanan prima sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Koperasi tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling sejumlah 160 responden. Teknik pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil uji validitas konstruk dan uji reliabilitas internal diperoleh semua pernyataan variabel partisipasi anggota, sikap kewirausahaan dan pelayanan prima di uji dengan valid dengan nilai Corrected Item-Total Correlation diatas 0,300 dan reliabel dengan koefisien Alpha Cronbach diatas 0,600 sebesar 0,735 untuk partisipasi anggota; 0,747 untuk sikap kewirausahaan; dan 0,738 untuk pelayanan prima. Metode analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada: (1) partisipasi anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan prima, ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,512 dengan nilai signifikansi 0,013 (2) sikap kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan prima, ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,783 dengan nilai signifikansi 0,006 (3) partisipasi anggota dan sikap kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan prima, ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 6,951 dengan nilai signifikansi 0,001 dan R2 sebesar 0,081.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 04 Dec 2015 06:43
Last Modified: 30 Jan 2019 05:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item View Item