PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DALAM PELAJARAN IPA SMP KELAS VII DENGAN TEMA PEMANASAN GLOBAL

Nursalis, Dede Yanti (2015) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF DALAM PELAJARAN IPA SMP KELAS VII DENGAN TEMA PEMANASAN GLOBAL. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK dede yanti.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1 ) pengaruh model guided inquiry terhadap keterampilan proses siswa dalam pembelajaran IPA SMP kelas VII dengan “tema pemanasan global” , (2) pengaruh model guided inquiry terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa dalam pembelajaran IPA SMP kelas VII dengan “tema pemanasan global” . Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling . Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu l embar observasi keterampilan proses, soal pretest dan postest. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji - t menggunakan program SPSS 16. dan perbandingan gain score . Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan keterampilan proses antara siswa yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional karena t hitung > t tabel yaitu (2,947 > 1,669) dengan taraf signifikansi 0,05; (2) Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar aspek kognitif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran guided inquiry dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional karena t hitung > t tabel yaitu (3,228 > 1,669) dengan taraf signi fikansi 0,05. Sementara hasil belajar aspek kognitif antara kelas eksperimen yang menggunakan model guided inquiry lebih efektif dari pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional terbukti dari gain score kelas eksperimen lebih besar dari pada gai n score kelas kontrol (0,543 > 0,340). Kata Kunci: guided inquiry, keterampilan proses, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, keterampilan proses, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:08
Last Modified: 02 Dec 2015 09:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28586

Actions (login required)

View Item View Item