MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONSTRUCTIVIST LEARNING DENGAN MODEL MAKE A MATCH DI SMA N 1 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Wahyuningsih, Retno (2010) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONSTRUCTIVIST LEARNING DENGAN MODEL MAKE A MATCH DI SMA N 1 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONSTRUCTIVIST LEARNING DENGAN MODEL MAKE A MATCH DI SMA N 1 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latarbelakang kurangnya motivasi dan aktivitas siswa dalarn pembelajaran sosiologi, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi yang belum memuaskan serta belum pemah diterapkannya model Make a Match dalarn pembelajaran sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui dampak penerapan model pernbelajaran Make a Match pada pernbelajaran sosiologi terhadap motivasi, aktivitas dan prestasi siswa kelas XI TPS ] di SMA Negeri t Mlati Sleman Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara terencana selama 3 siklus. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mlati Sleman Yogyakarta pada bulan Januari-Februari 2010. Pendekatan Constructivist Learning yang digunakan adalah model Make a Match pada siklus 1 rnenggunakan kartu-kartu berpasangan (Make a Match), siklus 2 menggunakan model Make a Match variasi diskusi, serta siklus 3 menggunakan model Make a Match variasi teka-teki. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 32 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan non tes. Metode non tes terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu hasil observasi, hasil tes, hasil angket dan hasil wawancara. Data sekunder diperoleh dari data presensi siswa, data nilai ulangan sebelumnya serta profil sekolah. Teknik analisis data meliputi reduksi data, paparan data dan penyimpulan data. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa: 1. Penerapan model Make a Match meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sosiologi 2. Penerapan model Make a Match meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sosiologi. Jenis aktivitas yang meningkat adalah aspek mernperhatikan (meningkat 33,33%), rnencatat hal penting (meningkat 28%), bertanya (meningkat 93,54%), menjawab pertanyaan (rneningkat 69,23%), kerjasama (rneningkat 44,18%), mengerjakan tugas (meningkat 6,66%), serta presentasi (meningkat 88,23%). 3. Hasil rata-rata pre-test sebesar 60,15 dan rata-rata post-test sebesar 70,96, terjadi peningkatan sebesar 8, 25%. Rata-rata siklus 1 sebesar 71,56; siklus 2 sebesar 79,84; dan siklus 3 sebesar 85,93. Peningkatan hasil tes prestasi terjadi sebesar 9,10%. 4. Guru dan siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan model Make a Match dalarn pembelajaran sosiologi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Mlati Slernan Y ogyakarta. Kata kunci: Motivasi, Aktivitas, Pembelajaran, Basil belajar, Make a Match, SMA Negeri 1 Mlati Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 25 Nov 2015 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 05:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28516

Actions (login required)

View Item View Item