Penggunaan Alih Kode (Code Switching) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta

Rahmina, Rahmina (2015) Penggunaan Alih Kode (Code Switching) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmina-13706259018.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) arah alih kode yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Inggris (2) jenis penggunaan alih kode yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan (3) faktor yang melatarbelakangi terjadinya penggunaan alih kode dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan (4) fungsi alih kode dalam pembelajaran bahasa Inggris di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru dan 175 siswa kelas X (XA, XB, XC, XD, dan XE) dan objek dalam penelitian ini adalah tuturan penggunaan alih kode yang meliputi arah alih kode, jenis alih kode, faktor yang melatarbelakangi penggunaan alih kode dan fungsi alih kode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan melalui 1 teknik utama yaitu teknik Simak Bebas Libas Cakap (SBLC) dan dibantu dengan beberapa teknik lain, yaitu; (1) teknik pengamatan, (2) teknik wawancara, dan (3) teknik rekam. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah peneliti. Selain itu, peneliti juga menggunakan instrumen berupa (1) pedoman pengamatan, (2) pedoman wawancara, dan (3) tabel data. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan metode padan dan metode agih. Aktivitas yang dilakukan peneliti dalam analisis data adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan alih kode dalam pembelajaran bahasa Inggris di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta terjadi pada sejumlah 166 data. Semua data terbagi dalam 2 arah alih kode yaitu alih kode dari bahasa Inggris ke Indonesia terjadi pada sejumlah 104 data (62% ) dan alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris terjadi pada sejumlah 62 data (38%). Selanjutnya, seluruh data terbagi dalam 2 jenis alih kode, yaitu; (1) intra-sentential code switching terjadi pada sejumlah 61 data (37%), dan (2) inter-sentential code switching terjadi pada sejumlah 105 data (63%). Berikutnya, faktor yang melatarbelakangi terjadinya penggunaan alih kode dalam pembelajaran bahasa Inggris terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor linguistik dan faktor non-linguistik. Faktor linguistik dalam hal kurangnya penguasaan bahasa Inggris yang dimiliki oleh siswa adalah faktor yang paling dominan melatarbelakangi terjadinya penggunaan alih kode di MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Kemudian, fungsi alih kode dalam pembelajaran bahasa Inggris terbagi dalam dua fungsi, yaitu fungsi akademik dan fungsi non-akademik. Fungsi akademik dibedakan menjadi dua kategori, yaitu fungsi pembelajaran materi dan fungsi pengelolaan kelas. Adapun fungsi non-akademik mencakup fungsi penanda tuturan. Fungsi akademik dalam kategori pembelajaran materi dari segi fungsi reiterasi adalah fungsi alih kode yang paling dominan terjadi dalam pembelajaran bahasa Inggris di MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: alih kode, intra-sentential code switching, inter-sentential code switching, pembelajaran bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Nov 2015 08:04
Last Modified: 09 May 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28492

Actions (login required)

View Item View Item