PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT POLA BATIK PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SEKOLAH DASAR INKLUSI TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Rinda, Navera Rahmat (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT POLA BATIK PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SEKOLAH DASAR INKLUSI TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RINDA NAVERA RAHMAT_11103241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat pola batik di sekolah inklusi pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas 2. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah, satu guru mata pelajaran keterampilan batik dan 2 siswa tunagrahita kategori ringan yang mendapatkan pembelajaran keterampilan membuat pola batik di kelas 2 di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan langkah berupa reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam persiapan guru sebelum mengajarkan keterampilan batik, guru mengelola materi pembelajaran dari internet karena sekolah tidak memiliki sumber belajar atau media yang dapat menunjang dalam pembelajaran membuat pola batik. Penyajian materi ini disiapkan guru dengan membuat pola dalam lembar kerja siswa sehingga siswa mengerjakan tahapan-tahapan membuat pola batik seperti menebalkan pola, meniru pola dan mewarnai pola. Siswa DA selalu mengerjakan tugas membuat pola batik dengan tergesa-gesa sehingga hasil pekerjaan kurang rapi, dan siswa PA selalu beralih perhatian, sehingga guru selalu memberikan teguran atau ajakan untuk kembali menarik perhatian siswa dalam pembelajaran membuat pola batik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:52
Last Modified: 30 Jan 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item