EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF CERDAS MENGENAL ANGGOTA TUBUH (CERMAT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH MANUSIA PADA ANAK AUTISTIK KELAS 1 SD DI SEKOLAH LUAR BIASA MA’ARIF BANTUL YOGYAKARTA

Risma, Ratsi Maolana (2015) EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF CERDAS MENGENAL ANGGOTA TUBUH (CERMAT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH MANUSIA PADA ANAK AUTISTIK KELAS 1 SD DI SEKOLAH LUAR BIASA MA’ARIF BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RISMA RATSI MAOLANA_11103244027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas multimedia interaktif CerMAT terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh manusia pada anak autistik kelas 1 SD di SLB Ma’arif Bantul Yogyakarta. Efektivitas multimedia interaktif CerMAT dapat dilihat dari berkurangnya frekuensi kesalahan pada tes mengenal anggota tubuh manusia oleh subjek setelah diberikan intervensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah single subject research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu siswa autistik kelas 1 Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi dan instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif CerMAT efektif terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh manusia pada anak autistik yang ditunjukkan dengan berkurangnya frekuensi kesalahan pada tes mengenal anggota tubuh manusia yang dilakukan oleh subjek setelah diberikan intervensi. Adapun jumlah frekuensi kesalahan pada tes mengenal anggoa tubuh manusia pada baseline-1 (A) yaitu: A1=5, A2=5, A3=5, frekuensi kesalahan dapat dikatakan stabil karena cenderung menetap. Frekuensi kesalahan yang dilakukan subjek selama sesi intervensi (B) yaitu: B1=3. B2=1, B3=1, B4=0, B5=0 sedangkan frekuensi kesalahan pada tes kemampuan mengenal anggota tubuh manusia pada baseline-2 (A’) yaitu: A’1=0, A’2=1 dan A’3=1. Efektivitas tersebut juga didukung oleh persentase overlap yang rendah yaitu 0%. Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-2 (A’/B) untuk kemampuan mengenal anggota tubuh manusia yaitu (+2).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:49
Last Modified: 30 Jan 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28474

Actions (login required)

View Item View Item